5 Mar 2009

MeSiN PeMiSaH SeRbiK BeSi



Mesin Pemisah Serbik Besi dari masse (adonan bahan cetak keramik atau isolator listrik) dibutuhkan industri keramik, dan isolator listrik agar produknya bersih dari bahan ikutab seruk besi yang terbawa di dalam tanah liat (clay) yang dicampurkan bersama-sama dengan bahan lain yaitu kaolin, feldspar (felspat), dan kuarsa.

Karena tanah liat diambil langsung dari alam besar kemungkinan mengandung serbuk besi yang bervariasi kadarnya. Keberadaan serbuk besi tidak diinginkan dalam produk keramik seni, apalagi dalam isolator diinginkan sama sekali tidak mengandung serbuk besi agar nantinya dapat berfungsi sempurna sebagai isolator listrik.

Dalam percobaan sebanyak 200 liter masse cair kental diberikan 10 gram serbuk besi yang dicampurkan secara merata dapat ditangkap kembali hingga 99, 3% dengan menggunakan Mesin Pemisah Serbik Besi tersebut yang sudah pernah dibuat dalam rangka Progran Vucer Multi Tahun yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dirjen Dikti Depdiknas pada tahun 1999 pada industri keramik besar di Malang Jatim.

Prinsip kerja Mesin Pemisah Serbik Besi
Masse untuk calon produk keramik seni atau isolator listrik yang mengandung serbuk besi diatur kekentalannya, dialirkan dengan pompa roda gigi ke dalam tendon, lalu dialirkan ke saluran keluar yang berupa kanal dengan ketebalan tertentu, dialirkan melalui drum yang di dalamnya terdapat medan magnet untuk menarik serbuk besi dalam aliran tipis masse yang dibelokkan ke bagian pemisahan.

Pada bagain ujung saluran keluar dilengkapi pula medan magnet untuk menenangkap kemungkinan serbuk besi yang masih lolos. Kecepatan mengalir dan ketebalan aliran tipis menentukan kesempurnaan penangkaptan serbuk besi selain juga kuatnya medan magnet. Jumlah tangkapan serbuk besi dikumpulkan dan ditimbang untuk dibandingkan dengan berat keseluruhan dan diperoleh persentase penangkapan serbuk besinya.

Desain oleh: Syamsul Hadi
Instansi : Politeknik Negeri Malang Jurusan Teknik Mesin
Alamat : Jl. Sukarno-Hatta 9, PO Box 04 Malang 65141
e-mail : syampol2003@yahoo.com
blogspot : syampol.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar