5 Mar 2009

MESIN PENGHANCUR REFRAKTORI



Mesin Penghancur Refraktori (bata tahan api) dibutuhkan industri keramik, isolator listrik, pengecoran logam, dan tungku pembakaran di atas 1000 oC. Refraktori kategori bahan keramik yg dp di daur ulang setelah dipakai beberapa kali pembakaran.

Refraktori juga dikenal dengan istilah camot (chamotte) yang selalu dipakai sebagai pelapis dinding tungku pembakaran dan cerobong asap yang masih mempunyai temperatur lebih dari 1000 oC. Dalam produksi keramik seni, seperti guci, vas bunga , asbak, cindera mata, refraktori dipakai sebagai landasan produk yang bersama-sama dibakar hingga sekitar 1600 oC untuk menghasilkan produk yang baik, kuat, dan dapat melelehkan glasir sebagai lapisan mengkilat pada permukaan keramik.

Untuk pemakaian beberapa kali biasanya refraktori mengalami retak dan ada yang pecah. Refraktori yang retak/pecah didaur ulang dengan cara menghancurkan sampai halus, menyusun komposisi yang baik, mencetak, dan membakar lagi, sehingga terbentuk refraktori yang diinginkan. Dalam penghancuran dibutuhkan peralatan yang dapat mengnacurkan, menggiling, dan sekaligus dapat memisahkan bagian yang sudah halus dan yang masih kasar untuk dapat dihaluskan pula.

Mesin Penghancur Refraktori sudah pernah dibuat dalam rangka Progran Vucer Multi Tahun yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dirjen Dikti Depdiknas pada tahun 2000 pada industri keramik besar di Malang Jatim. Mesin Penghancur Refraktori tersebut mampu menghancurkan-menghaluskan-memisahkan serbuk sekitar 0,5 m3/jam sebagai prototip. Pembuatan mesin tersebut dapat diproduksi dengan kapasitas yang lebih besar sesuai dengan keinginan.

Prinsip kerja Mesin Penghancur Refraktori
Refraktori y telah pecah/retak dimasukkan ke dalam corong pemuat, lalu dipukul dengan ayunan palu di dalam mesin, sehingga hancur menjadi ukuran sekitar 5 mm yang selanjutnya mask melalui saringan menuju ke sepasang rol untuk dihaluskan. Setelah melalui sepasang rol serbuk refraktori diayak dengan ayakan goyang, sehingga terpisah yang halus dialirkan ke sisi kiri dan yang masih lebih kasar dialirkan ke sebelah kanan melalui ayakan goyang yang posisinya menurun untuk hasil ayakan.

Desain oleh: Syamsul Hadi
Instansi : Politeknik Negeri Malang Jurusan Teknik Mesin
Alamat : Jl. Sukarno-Hatta 9, PO Box 04 Malang 65141
e-mail : syampol2003@yahoo.com
blogspot : syampol.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar